Tips Memilih Furniture Yang Tepat

Bagikan Yuk

Memilih furnitur terkesan susah-susah gampang karena berhubungan dengan banyak hal seperti anggaran, kondisi ruangan, fungsi dan konsep rumah yang ingin dibangun.

Kali ini tim Ruang.Info akan membantu kamu untuk memberikan pengetahuan tentang apa saja yang perlu diperhatikan sebelum membeli atau membuat furnitur.

1. Anggaran

Batasi terlebih dahulu anggaran yang akan digunakan untuk membeli furnitur. Karena jika tidak dibuat batasan kemungkinan anggaran yang ada pasti membludak dan bisa merenggut anggaran yang lain.

Selain itu dengan memberi batasan anggaran juga menjadikan kita lebih selektif untuk membeli furnitur alias tidak asal-asalan.

Jika mempunyai waktu yang relatif longgar malah bisa untuk order langsung ke tukang kayu karena desain dan anggaran bisa disesuaikan

Furnitur multifungsi berbahan kayu untuk ruang tamu atau ruang keluarga

2. Kondisi ruangan

Perhatikan terlebih dahulu dengan detail kondisi ruangan.

Kondisi ruangan ini mencakup :

  • luas ruangan
  • tema ruangan atau warna ruangan
  • fungsi furnitur

Sering orang saat berada di toko furnitur seakan-akan gelap mata karena melihat furnitur yang terkesan unik dan menarik. Tetapi setelah dibeli ternyata tidak cocok dengan luas ruangan misal terlalu besar atau memakan tempat, tidak sesuai dengan tema atau cat atau konsep yang dikehendaki.

Terkait kondisi ruangan ini juga nantinya akan berpengaruh dengan fungsi furnitur. Jika memang kondisi ruangan sempit maka alangkah lebih baik jika menggunakan konsep furnitur yang multifungsi. Lihat Konsep Lemari Multifungsi yang Bisa Anda Jadikan Inspirasi.

3. Pilihan material

Faktor material ini sebenarnya berhubungan erat dengan faktor no 1 yaitu anggaran. Karena memang untuk saat ini ada banyak sekali material furnitur yang ada di pasaran. Selain itu pilihan material juga berpengaruh dengan kondisi ruangan. Misal ruangan yang agak lembab jangan dibelikan furnitur dengan material kayu yang biasa karena gampang keropos dan berjamur.

Ada dua jenis material furnitur yang umum di pasaran, yaitu kayu solid dan Medium Density Fibreboard (MDF).

Kayu solid lebih mahal dari bahan MDF, namun tidak perlu diragukan lagi bahwa kualitasnya lebih terjamin, terutama jenis kayu jati. Karena kayu solid memiliki kisaran harga tinggi, limbah kayu yang dikreasikan sebagai furniture dapat menjadi alternatif untuk penggunaan kursi, meja, rak dan sebagainya.

Furniture berbahan MDF memiliki harga yang cukup murah, namun kualitasnya tidak murahan. Meskipun tidak sebagus kayu murni, furniture berbahan MDF lebih bisa diutak-atik karena dapat dibongkar pasang.

Mungkin itu 3 hal yang perlu diperhatikan saat memilih furnitur. Jika ada pertimbangan lain bisa dituliskan di kolom komentar.

Lihat juga Ide Furnitur Multifungsi Yang Bisa Dijadikan Referensi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *