Susu Sapi Murni : Kandungan Gizi, Manfaat, Mitos Yang Ada Dan Saat Terbaik Untuk Minum

Bagikan Yuk

Kemaren sempat heboh dengan adanya susu kental manis. Disini tidak dibahas tentang susu kental manis tetapi susu sapi murni.

Susu sapi murni adalah susu sapi yang tidak mengalami proses pengawetan dengan bahan kimia. Sering dijual dalam bentuk cair dan dengan tambahan rasa. Biasanya cara mengawetkan susu murni adalah dengan metode Ultra High Temperature dan pasteurisasi.

KANDUNGAN GIZI SUSU SAPI MURNI

Susu sapi murni ternyata tak hanya sekedar minuman biasa namun juga memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Berikut kandungan nutrisi yang ada pada susu sapi murni

  • protein
  • kalsium,
  • vitamin A,
  • vitamin B,
  • vitamin D
  • asam amino
  • kalori
  • lemak
  • fosfor,
  • iodium,
  • seng,
  • zat besi,
  • tembaga,
  • magnesium
  • vitamin E
  • tiamin

MANFAAT SUSU SAPI MURNI

Setiap apa yang diciptakan oleh Tuhan pasti mempunyai manfaat. Termasuk dengan susu sapi murni ini.

1. Menjaga kestabilan tekanan darah

Dalam nutrisi susu murni terdapat kandungan yang cukup baik untuk menggerakkan pembuluh dalam. Hal ini yang menjadikan tekanan darah anda menjadi stabil dan tetap normal. Nutrisi tersebut dikenal dengan potasium, sehingga adanya kerja ini mampu mengurangi resiko tekanan darah tinggi.

2. Mencegah resiko penyakit jantung

Keadaan susu yang mampu menstabilkan pembuluh darah dan tekanan darah, ternyata membawa pengaruh baik untuk jantung. Dalam hal ini, pembuluh darah anda tidak terjadi tersendat dan terhalangi benda lain. Sehingga bahaya yang di sebabkan apopleksi  juga menurun. Dengan perjalanan normal darah, kemungkinan resiko penyakit jantung juga menjadi menurun.

Sapi yang memberi makan rumput yang baik menghasilkan susu berkualitas lebih baik daripada binatang lain  yang tidak dipelihara dengan baik . Oleh karena itu dokter menganjurkan untuk hanya meminum susu sapi yang diberi makan rumput. Ini karena keadaan susu yang mampu menstabilkan pembuluh darah dan tekanan darah, ternyata membawa pengaruh baik untuk jantung.

Dalam hal ini, pembuluh darah anda tidak terjadi tersendat dan terhalangi benda lain. Sehingga bahaya yang di sebabkan apopleksi  juga menurun. Dengan perjalanan normal darah, kemungkinan resiko penyakit jantung juga menjadi menurun.

Selain itu susu sapi berkualitas baik kaya akan asam lemak omega-3, yang mampu mengatur kadar kolesterol darah Anda dan menjaga kesehatan jantung Anda untuk waktu yang lama.

3. Mengurangi resiko penyakit gondok

Salah satu penyakit yang cukup banyak di derita oleh anak-anak adalah gondok. Hal ini menyebabkan terjadinya pembengkakan di jaringan limpa belakang telinga, sehingga ketika hendak membuka mulut untuk makan, akan kesusahan. Cara mengurangi resiko penyakit ini dengan cukup mengkonsumsi iodim yang biasa ada pada garam dapur. Anda juga menemui di dalam manfaat susu sapi murni yang menyehatkan.

4. Membantu meringankan kerja otak besar

Salah satu organ yang paling banyak berkontribusi adalah otak besar. Dalam hal ini ia banyak membantu di sistem koordinasi tubuh dengan lingkungan. Untuk itu memerlukan energy besar pula untuk menjaganya. Salah satu zat yang baik untuk otak adalah seng (Zn) leticin, dan iodium. Penambahan zat ini secara significan mampu meningkatkan efisiensi kerja otak.

5. Baik untuk penderita anemia

Penderita anemia adalah orang yang memiliki kandungan haemoglobin kurang. Sehingga untuk menopang pekerjaanya yang terlalu banyak, harus memiliki sel eritrosit yang banyak pula. Salah satu zat yang mampu membantu pekerjaan pembentukan sel darah merah adalah zat besi. Kandungan dalam susu juga cukupzat besi, sehingga membantu untuk membentuk sel eritrosit anda

6. Cocok untuk menjaga kulit

Salah satu asset berharga bagi wanita adalah kesehatan kulit. Keadaan kulit yang kusam mampu mengurangi tingkat kepercayaan diri anda. Dengan kondisi tubuh sering meminum manfaat susu sapi murni untuk kecantikan  menjadikan kulit tampak bersinar dan berseri-seri, sehingga tampak cerah di pandang. Zat yang paling berperan dalam hal ini adalah vitamin E, tembaga,seng, serta vitamin A

7. Menjadikan rileks dan tenang

Mengonsumsi susu secara psikologis mampu membuat anda tenang dan rileks. Sebab adanya kerja tyrosine mendorong kerja hormone serotonin untuk terus menguncur. Hormone ini sangat mempengaruhi tingkat kebahagiaan anda. Dengan kondisi seperti ini menjadikan anda mudah tidur.

8. Membantu pertumbuhan gigi dan tulang

Susu sapi kaya akan kalsium, fosfor, dan mineral lainnya yang penting untuk kesehatan tulang Anda. Itulah sebabnya kebanyakan pemerintah di seluruh dunia memiliki nilai harian yang disarankan untuk konsumsi susu bagi anak-anak dan orang dewasa.

9. Menjaga tubuh tetap fit

Manfaat susu sapi murni untuk tubuh juga sangat baik sebagai sistem imunitas. Kandungan magnesium mampu membuat jantung dan beberapa sistem syaraf dalam keadaan normal. Dalam hal ini, magnesium berperan untuk mengatasi kelelahan atas aktivitas seharian yang sudah di lakukan.

10. Membantu penyembuhan lebih cepat

Manfaat lain dari susu adalah adanya zat Zink (seng) yang sangat bekerja aktif pada proses penyembuhan luka. Ia bersama fibrinogen membentuk benang-benang fibrin untuk menutup luka ketika anda jatuh. Sehingga membantu untuk menghentikan pendarahan yang terlalu banyak.

11. Mempertajam penglihatan

Keadaan mata merupakan salah satu bagian yang paling berperan penting. Menjaganya agar selalu sehat, apalagi mempertambah ketajaman memang diperlukan. Terlebih bagi orang dewasa yang sudah banyak mengalami pengeruhan di lensa matanya. Hal tersebut menjadikan penurunan penglihatan. Salah satu cara mencegahnya dengan mengokonsumsi susu murni sapi. Kandungan vitamin B2 serta vitamin A  yang cukup tinggi sangat membantu.

12. Sebagai penetral zat

Susu dinilai sebagai penetral zat makanan yang masuk dalam tubuh anda. Termasuk berguna untuk menetralkan racun, baik timah, loga, Cadmium dan sebagainya. Untuk itu sangat tidak di anjurkan untuk meminum susu setelah anda makan obat. Sebab yang terjadi, zat yang ada dalam obat tersebut malah di netralkan oleh susu sendiri.

13. Mengurangi resiko osteoporosis

Manfaat susu sapi murni yang paling banyak di cari orang adalah adanya kandungan untuk mencegah osteoporosis. Penyakit tersebut ada karena terjadi pengeroposan tulang, sehingga menjadikanya mudah patah. Dalam hal ini karena tulang sudah tidak lagi kuat, seta komponen penyusunya juga kapur.

Untuk itu cara mengatasinya dengan meminum susu yang kaya kandungan kalsium dan fosfor. Inilah mengapa para lansia sangat di harapkan untuk meminum susu setiap harinya.

14. Sebagai energi cadangan

Susu memiliki kandungan tinggi lemak yang sanagt berfungsi sebagai penyedia energy cadangan yang cukup kuat. Hal ini menjadika n organ vital anda lebih terlindungi  dan sebagai penghantar vitamin yang larut dalam air. Adanya kandungan CLA (conjugated linoleic acid) sangat berguna untuk meningkatkan pertumbuhan otot dan membantu metabolism tubuh. 

15. Menurunkan Berat Badan

Minum susu sapi dapat mengurangi asupan kalori mereka di siang hari karena cairan ini kaya akan protein yang membuat tetap kenyang dalam waktu lama.

16. Susu sapi bermanfaat menurunkan risiko diabetes tipe 2

Sebuah penelitian tentang kesehatan pernah dilakukan tahun 2005 mengungkapkan bahwa pria yang rutin mengkonsumsi susu sapi rendah lemak memiliki risiko terkena diabetes tipe 2 yang sangat kecil dibandingkan dengan yang tidak suka minum susu sapi. Penelitian lain juga menemukan bahwa dari 37.000 wanita dewasa yang rajin mengkonsumsi susu sapi rendah lemak memiliki risiko sangat kecil terkena diabetes tipe 2.

17. Susu sapi mencegah, menghambat pertumbuhan kanker usus besar

Kandungan asam linoleat terkonjugasi (bagian dari komponen lemak alami) dan kalsiumnya dikenal mampu menghambat dan mencegah kanker usus besar. Setidaknya dengan hanya minum susu sapi satu gelas sehari dapat mengurangi risiko terkena kanker usus besar hingga 15%.

18. Susu sapi menurunkan risiko kanker payudara pada wanita

Hal ini didasarkan pada sebuah penelitian kesehatan yang pernah dilakukan di Norwegia. Dari 45.000 responden wanita terungkap bahwa wanita yang memiliki kebiasaan minum susu sapi semenjak kecil dan berlanjut hingga dewasa lebih tahan dan terlindung dari terkena penyakit kanker payudara.

EFEK SAMPING SUSU SAPI MURNI

Berikut ini adalah efek samping susu murni terhadap tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Efek Susu Murni Terhadap LDL

Susu murni mengandung cukup banyak lemak jika dibandingkan dengan susu skim atau susu tanpa lemak. Sehingga konsumsi susu ini secara berlebihan dapat meningkatkan LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh.

2. Efek Susu Murni Terhadap Jantung

Guna menurunkan risiko kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung iskemik, memang diperlukan asupan kalium yang cukup tinggi atau sekitar 4000 mg per hari, menurut satu penelitian.

Kalium dapat melebarkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Susu sapi merupakan salah satu sumber kalium karena mengandung cukup tinggi kalium atau sekitar 132 mg. Tapi sayangnya, susu murni juga mengandung kolesterol dan lemak yang bisa membahayakan kesehatan jantung Anda.

Jadi bagi Anda yang memiliki masalah kesehatan jantung, disarankan untuk berkonsultasi dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi susu murni, untuk mengetahui takaran yang tepat dan tidak membahayakan fungsi jantung.

3. Efek Susu Murni Terhadap Penderita Gangguan Fungsi Ginjal

Susu memang mengandung ragam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Tapi kandungan kaliumnya yang cukup tinggi dapat berbahaya bagi yang memiliki masalah fungsi ginjal. Ginjal yang bermasalah tidak dapat membuang kelebihan kalium dari dalam darah, dan ini dapat membahayakan jiwa.

4. Intoleransi laktosa (lactose intolerance)

Orang yang mempunyai intoleransi laktosa tidak disarankan untuk menjadikan susu sebagai sumber kalsium bagi tubuhnya. Susu dan produk susu, seperti keju, yogurt, dan produk susu lainnya mengandung laktosa (gula susu) yang akan dicerna tubuh dengan bantuan enzim bernama laktase.

Namun, laktase di dalam tubuh seseorang berbeda-beda jumlahnya. Beberapa orang tidak dapat mencerna laktosa dari susu dengan baik karena hanya mempunyai sedikit enzim laktase dalam tubuhnya. Kondisi ini dinamakan sebagai intoleransi laktosa (lactose intolerance).

Bagi orang yang mempunyai intoleransi terhadap laktosa, makan atau minum produk susu dapat menyebabkan masalah kram, kembung, perut bergas, dan diare. Gejala-gejala ini dapat muncul dari tingkat ringan sampai berat.

Lalu bagaimana orang dengan intoleransi laktosa dapat mencukupi kebutuhan kalsiumnya? Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi sumber kalsium lain selain susu, antara lain sayuran berdaun hijau (seperti brokoli, lobak hijau, dan pokcoy), ikan dengan durinya (seperti sarden dan ikan teri), kacang-kacangan (seperti kedelai dan almond).

Jika tetap ingin mengonsumsi susu, carilah susu yang sudah ditambahkan enzim laktase ke dalamnya, susu rendah laktosa, atau susu bebas laktosa. Bagi mereka yang mempunyai intoleransi laktosa, minum susu dengan porsi yang lebih kecil sepertinya masih dapat ditoleransi oleh tubuh. Mereka juga masih dapat mengonsumsi susu yang telah difermentasi, seperti yogurt, atau produk susu tinggi lemak, seperti mentega (de Vrese, et al., 2001).  Namun, kondisi ini berbeda-beda pada setiap orang.

5. Alergi pada susu

Bagi mereka yang memiliki alergi susu, jelas susu membawa dampak negatif. Alergi pada susu sapi sering ditemukan pada bayi dan anak kecil. Alergi ini muncul pada anak yang mempunyai kadar antibodi susu sapi yang tinggi pada darahnya. Sensitivitas pada susu sapi sangat bervariasi antar anak yang memiliki alergi susu. Beberapa anak memiliki reaksi yang parah setelah mencerna sedikit susu. Lainnya mungkin mempunyai reaksi yang lebih ringan setelah mencerna susu dalam jumlah yang lebih banyak.

Untuk menghindari dampaknya, hindari makanan dan minuman yang mengandung susu sapi dan produk susu sapi lainnya. Anda dapat membaca label pada setiap kemasan makanan atau minuman sebelum membelinya.

Apa bedanya alergi susu dengan intoleransi laktosa? Alergi susu merupakan reaksi berlebih dari sistem imun terhadap protein dalam susu. Ketika protein dalam susu dicerna, protein ini dapat merangsang reaksi alergi  mulai dari reaksi ringan (seperti munculnya ruam, gatal-gatal, dan bengkak) sampai reaksi yang berat (seperti sulit bernapas dan kehilangan kesadaran). Berbeda dengan alergi susu, intoleransi laktosa adalah reaksi yang timbul akibat kekurangan enzim laktase untuk mencerna susu, bukan karena sistem imun.

6. Menimbulkan jerawat

Sebagian besar remaja pasti pernah mempunyai jerawat di wajahnya. Salah satu makanan atau minuman yang dapat menyebabkan jerawat adalah susu atau produk yang mengandung protein whey. Di dalam susu terkandung insulin dan hormon pertumbuhan IGF-1. Kedua faktor inilah yang dapat memicu tumbuhnya jerawat. Peningkatan insulin atau IGF-1 dalam tubuh dapat memberi sinyal pada faktor-faktor yang dapat menimbulkan jerawat pada wajah (Melnik, 2011).

7. Kemungkinan peningkatan risiko kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi susu yang tinggi dapat meningkatkan risiko kanker, seperti kanker ovarium dan kanker prostat. Analisis yang dikumpulkan dari 12 penelitian kohort prospektif dan melibatkan lebih dari 500.000 wanita, menemukan bahwa wanita dengan asupan tinggi laktosa, yaitu setara dengan 3 gelas susu per hari, memiliki risiko kanker ovarium sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan wanita yang memiliki asupan laktosa terendah.

Penelitian ini tidak menemukan hubungan antara susu atau produk susu dengan kanker ovarium. Beberapa peneliti memiliki hipotesis bahwa praktek produksi susu di industri modern telah mengubah komposisi hormon susu dalam cara-cara yang dapat meningkatkan risiko kanker yang berhubungan dengan hormon ovarium dan hormon lainnya (Genkinger, et al., 2006). Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui kebenarannya.

Penelitian lainnya mengaitkan susu dengan risiko kanker prostat. Sebuah penelitian di Harvard menunjukkan bahwa pria yang minum dua gelas susu atau lebih dalam sehari mempunyai kemungkinan risiko kanker prostat hampir dua kali lipat dibandingkan mereka yang tidak minum susu sama sekali.

Hubungan ini sepertinya muncul karena kandungan kalsium dalam susu. Penelitian lebih lanjut menemukan bahwa pria dengan asupan kalsium tinggi, yaitu setidaknya 2000 mg per hari, memiliki hampir dua kali lipat risiko kanker prostat seperti mereka yang memiliki asupan terendah (kurang dari 500 mg per hari) (Giovannucci, et al., 1998Giovannucci, et al., 2007).

Banyak jenis kanker dan masing-masing jenis kanker mempunyai hubungan yang berbeda dengan konsumsi susu. Beberapa penelitian menunjukkan konsumsi susu meningkatkan risiko kanker. Namun, juga ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi susu dapat menurunkan risiko kanker kolorektal (Aune, et al.,2012).

Hubungan antara kanker dan konsumsi susu sangat kompleks. Susu mungkin bisa menjadi salah satu penyebab kanker, tetapi hal ini berbeda-beda tergantung individu masing-masing dan susu jenis apa yang diminum. Hubungan antara kanker dan konsumsi susu jelas perlu diteliti lebih lanjut.

MITOS SUSU SAPI MURNI

Banyak dari Anda yang masih menganggap bahwa susu sapi hanya untuk anak dalam masa pertumbuhan dan sering dianggap menjadi penyebab obesitas. Apa saja mitos mengenai susu yang membuat Anda ragu untuk minum susu?

1. Mitos: Susu hanya untuk anak dalam masa pertumbuhan

Semakin Anda dewasa, kadar susu yang dibutuhkan oleh tubuh justru semakin besar. Jika saat bayi Anda mungkin membutuhkan hanya sekitar 500 cc susu per hari, ketika dewasa jumlah ini pun meningkat menjadi 1.000 hingga 1.200 cc per hari. Mitos ini muncul karena susu memang memiliki peran yang besar dalam masa pertumbuhan, namun bukan berarti hanya anak-anak saja yang perlu mengonsumsi susu.

2. Mitos: Fungsi susu adalah untuk menguatkan tulang

Hal ini memang tidak sepenuhnya salah, karena kandungan vitamin D dan kalsium dalam susu berfungsi untuk menguatkan gigi dan tulang, sehingga Anda terhindar dari osteoporosis.

Namun, susu bukan hanya untuk tulang saja. Di dalam susu juga terkandung vitamin A yang baik untuk kulit dan mata, serta vitamin B yang membantu pengolahan makanan dalam tubuh, mencegah anemia, dan meningkatkan fungsi otak. Selain itu, kalsium dalam susu tidak hanya berperan untuk menguatkan gigi dan tulang, namun juga kesehatan otot, terutama otot jantung, untuk menghindari kram jantung.

Susu pun memiliki 9 protein paling lengkap dibandingkan sumber lainnya sehingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah alergi.

3. Mitos: Saat sedang hamil, penting untuk minum susu bubuk khusus ibu hamil

Berbeda dengan susu murni, susu bubuk sudah mengalami proses yang panjang. Kandungan nutrisi lebih di dalamnya pun merupakan zat tambahan dan bukan berasal dari susu murni. Susu sapi segar dengan proses yang lebih singkat akan memiliki kandungan gizi yang lebih lengkap bagi ibu hamil dan janin dalam kandungan.

Lagi pula, banyak produk yang justru membuat ibu menjadi gemuk, padahal pertumbuhan janinlah yang perlu diperhatikan saat mengandung. Pilihlah susu sapi segar dibandingkan susu bubuk untuk ibu hamil.

Tapi ingat, saat hamil, selalu pilih susu segar yang sudah dipasteurisasi, dan bukan susu segar “mentah” langsung dari sapi, karena tanpa proses pasteurisasi susu mungkin masih mengandung bakteri yang berbahaya bagi janin.

4. Mitos: Minum susu bikin gemuk

Susu justru baik untuk membantu proses diet karena dapat membantu Anda untuk mencegah naiknya berat badan. Selain itu, saat diet ada kemungkinan banyak nutrisi yang tidak masuk ke dalam tubuh. Susulah yang dapat menggantikan nutrisi tersebut sehingga Anda tetap bertenaga saat menjalani program diet.

Selain itu, susu juga berfungsi untuk menambah protein dan tenaga, baik sebelum dan sesudah berolahraga. Risiko tulang keropos saat menjalani diet pun tidak akan terjadi jika Anda mengonsumsi susu setiap hari.

SAAT TERBAIK MINUM SUSU SAPI MURNI

  1. Jangan meminum susu bersamaan dengan meminum obat
  2. Jangan mengonsumsi susu bersamaan dengan zat besi. Karena kalsium pada susu dan zat besi tersebut akan saling “berebut” untuk dapat diserap oleh tubuh, sehingga masing-masing tidak akan terserap secara maksimal.
  3. Jangan tambahkan zat-zat lain ke susu murni.
  4. Susu murni boleh didinginkan, namun tidak dianjurkan untuk dipanaskan.
  5. Jika ingin dipanaskan, lebih baik cukup dihangatkan. Hal tersebut dikarenakan proses pemanasan dapat mengurangi kadar gizi yang ada pada susu sapi murni.

TANYA JAWAB TENTANG SUSU SAPI MURNI

Diare setelah minum susu
Pria, 36 tahun.
DOkter, saya sekarang ini kalau minum susu, apalagi susu murni, pasti mencret2. Semula saya pikir susunya sudah basi atau palsu. Tapi karena hasil saya selalu mencret2 walau apapun merek susu (baik yg murni atau susu coklat) maka saya pikir ada yg salah dengan perut saya. Mohon bantuannya Dokter, apakah karena saya sudah bukan anak2 lagi sehingga sudah tidak bisa minum susu? Kebetulan bapak saya pun mengalami hal yg sama, tapi untuk buah jeruk. Demikian Terima kasih.( laki-laki, 36 thn,167 cm,61 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / saudara yang terhormat,

Terim kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Kondisi yang anda alami saat ini mungkin disebabkan oleh intoleransi laktosa. Intoleransi laktosa disebabkan oleh kurangnya enzim laktase yang dibutuhkan tubuh untuk mencerna laktosa (gula susu) yang terkandung di dalam susu. Laktosa yang tak tercerna akan bertahan di usus dan mengalami fermentasi, sehingga usus anda merasa tidak nyaman, termasuk sakit perut, kembung dan diare.

Penyebab dari kurangnya enzim laktase ini terbagi 2, yaitu primer dan sekunder. Defisiensi / kekurangan laktase primer umumnya muncul sejak usia anak-anak, sekitar 2 tahun. Defisiensi / kekurangan laktase sekunder terjadi karena terdapat perlukaan pada usus kecil atau terdapat penyakit gangguan pencernaan lain yang dapat mengurangi produksi laktase dalam tubuh. Penyakit-penyekit ini antara lain adalah Celiac Disease, Inflammatory Bowel Disease, dan Crohn’s Disease.

Intoleransi laktosa tidak dapat disembuhkan dalam artian tidak ada obat yang dapat menambah produksi enzim laktase dalam tubuh namun gejalanya dapat dikontrol melalui diet. Beberapa cara yang dapat dilakukan bagi mereka yang mengalami intoleransi laktosa adalah :

  • Minumlah susu dalam jumlah kecil sekali minum
  • Gunakan produk susu yang mencantumkan label “lactose-reduced” atau “lactose-free” dimana mereka mengurangi kandungan laktosa-nya hingga 99%
  • Konsumsi susu kedelai supaya asupan kalsium anda tetap terjaga
  • Jangan menggunakan produk susu dengan kadar laktosa tinggi
  • Waspadai produk non-susu yang mungkin mengandung laktosa. Jika yang tercantum pada label produk tersebut memuat bahan-bahan ini, maka produk tersebut mengandung laktosa: whey, curds, milk by-products, dry milk solids dan nonfat dry milk powder

Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

Sumber artikel :

  1. https://www.stoqo.com/blog/1404/khasiat-susu-sapi-murni-terutama-bagi-tubuh-orang-dewasa/
  2. https://manfaat.co.id/manfaat-susu-sapi-murni
  3. https://lifestyle.sindonews.com/read/1271324/155/konsumsi-susu-sapi-setiap-hari-rasakan-7-manfaatnya-untuk-tubuh-1515149378
  4. https://www.samishare.com/12-manfaat-minum-susu-sapi-tiap-hari-3282
  5. https://www.alodokter.com/inilah-efek-susu-murni-terhadap-tubuh-anda
  6. https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/dampak-negatif-susu/
  7. https://www.klikdokter.com/tanya-dokter/read/2702415/diare-setelah-minum-susu
Advertisement
Advertisement

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *