Review BukaEmas : Gampang Banget Beli Emas Dan Repotnya Beli Sesuai Nominal

Bagikan Yuk

Emas salah satu sarana untuk investasi yang setau gw masih paling aman (Mohon dikoreksi jika ada yang lebih aman)..Dan sekarang banyak startup yang mengakomodasi bagi masyarakat untuk membeli emas.

Sumber : https://www.thegold.asia/cara-membiasakan-diri-menabung-emas/

BACA : Investasi Emas Hanya Dengan Uang Rp 10.000

Salah satu startup yang mengakomodasi pembelian emas dengan mudah yaitu Bukalapak melalui BukaEmas.

Tapi apakah memang semudah itu untuk membeli emas di BukaEmas?

Yuk disimak review BukaEmas

Nama : BukaEmas by Bukalapak

Version : Desktop

Link : BukaEmas

Kontak : https://www.bukalapak.com/supports/contact_us/822/form

#UMUM

Langkah Bukalapak untuk semakin memperkuat pasar di Indonesia ditandai dengan adanya 2 layanan yang berbau investasi. ada 2 program yang ditawarkan yaitu BukaReksa (Reksadana) dan BukaEmas (jual beli emas murni). Disin gw hanya akan mereview yang BukaEmas. Mengapa? Karena investasi emas masih menjadi primadona di masyarakat

Berikut tampilan dashboard BukaEmas

Yang perlu diketahui adalah bahwa Bukalapak bukan menjadi penjual emas tetapi hanya sebagai perantara dari Indogold (PT Sinar Rezeki Handal).

#USER INTERFACE

Gw coba login dan menemukan tampilan yang sederhana dan relatif mudah untuk dibaca bagi orang awam. Ada 2 menu utama di halaman Dashboard yaitu Emas Hari Ini dan Saldo & Transaksi.

Di menu Emas Hari Ini ada grafik tentang harga emas. Selain itu ada tampilan Beli Emas dan Jual Emas serta harga terbaru. Untuk harga akan berubah dalam waktu 15 menit. Grafik ini juga bermanfaat bagi kita untuk memantau harga emas selama beberapa hari terakhir.

Halaman yang kedua yaitu Saldo & Transaksi.

Disini bisa dilihat jumlah emas, perkiraan harga sesuai harga terbaru dan riwayat transaksi.

#USER EXPERIENCE

Saat gw mencoba membeli emas nantinya akan ada pilihan mau membeli sesuai gram yang sudah ditentukan atau sesuai keinginan. Jika sesuai keinginan bisa diklik tombol Lainnya

Disitu gw coba beli dengan 0.05 gram dengan harga Rp 30.763. Harga yang tertera nanti akan bertambah dengan no kode unik.

Salah satu masalah yang menurut gw timbul adalah gw pengen membeli emas dengan nominal Rp 50.000 itu tidak bisa. Padahal menurut gw lebih mudah dengan nominal tepat nanti dapat emasnya acak dibanding beli emasnya tepat tapi nominal uangnya acak (Walaupun kasus ini tidak terlalu masalah ketika menggunakan transfer bukan tunai). (Permasalahan ini subjetif di gw ya…jadi mungkin yang lain tidak terlalu bermasalah. Oh ya solusinya gw cuma ngepasin angka gram sesuai harga yang ada)

BACA : Pengalaman Membeli Emas di BukaEmas

Yang namanya investasi adalah suatu saat uang itu akan dipakai. Gw mencoba untuk menjual emas yang gw punya dan bisa disesuaikan juga berapa gram yang akan dijual. Uang yang masuk ke bukadompet hanya hitungan menit padahal hari libur. Menurut gw keren banget. Beli emasnya mudah jualnya juga mudah. Oh ya perlu diketahui juga kalo uangnya masuk ke BukaDompet bukan langsung masuk ke rekening.

#KELEBIHAN

  • Pembelian dan penjualan emas sangat mudah
  • Di bawah naungan nama besar Bukalapak

#KEKURANGAN

  • Tidak ada beli sesuai nominal (adanya beli berdasar gram)

#SARAN

1. Sebaiknya ada pembelian berdasarkan nominal karena masyarakat lebih mudah dengan mengatakan beli emas misal Rp 25.000 bukan per gram

2. Ada BukaEmas versi aplikasi

3. Sebaiknya untuk perlindungan konsumen disertakan jika Bukalapak atau Indogold mengalami collapse karena sifatnya investasi yang kemungkinan akan menyimpannya lama (Kondisi ini sedang gw tanyakan ke pihak Bukalapak)

#KESIMPULAN

Bukapalak melalui BukaEmas sangat bagus dan turut berpartisipasi untuk membantu masyarakat sadar investasi.

#NILAI

4.6 DARI 5

Ket :

Artikel ini dipublish di dailystartup.id tanggal 31 Desember 2017

Advertisement
Advertisement

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *