Kangkung : Manfaat, Kandungan Gizi, Bahaya dan Mitos Yang Ada

Bagikan Yuk

kangkung darat

Kali ini kita akan membahas tentang sebuah eh kok sebuah ya tapi sesayur namanya Kangkung. Ada banyak cerita tentang kangkung, misalnya

  1. Kangkung ini dulu disebut sebagai salah satu sayuran yang membuat orang gampang ngantuk. Benarkah?
  2. Trus ada kabar juga kalo kangkung ini merupakan salah satu tanaman ilegal di Amerika sana. Hah beneran?
  3. Tanaman kangkung harus dihindari oleh penderita asam urat?
  4. Tanaman kangkung bisa menyembuhkan diabetes?

Penasaran? Yuk disimak pembahasan mendalam tentang kangkung.

ASAL MULA KANGKUNG

Setelah kami telusuri di internet ditemukan kalo tanaman kangkung ini bukan tanaman asli Indonesia. Tanaman yang mempunyai nama latin Ipomoea aquatica ternyata berasal dari India baru kemudian menyebar ke wilayah Asia Tenggara seperti Indonesia, Myanmar, Malaysia, Cina Selatan, Australia, dan Afrika.

Di Cina, sayuran ini dikenal sebagai weng cai. Di negara Eropa, kangkung biasa disebut swamp cabbage, water convovulus, atau water spinach. (1)

JENIS-JENIS KANGKUNG

Kangkung merupakan salah satu tanaman yang bisa ditanam dalam 2 kondisi yaitu kondisi kering dan basah serta cepat tumbuh dan cepat dipanen. Umumnya kangkung ini bisa dipanen di usia 6 minggu (2) bahkan ada yang hanya membutuhkan waktu 30 hari atau satu bulan dari awal penanaman. Untuk teknik cara memanen ada yang dicabut hingga akar-akarnya dan ada yang hanya diambil diri pangkal batang.(3)

Di pasaran kita gampang sekali menemukan sayuran kangkung ini. dan kita juga perlu tau ternyata kangkung mempunyai 2 jenis yaitu kangkung darat dan kangkung air.

1. Kangkung darat

Jenis kangkung ini mempunyai ciri-ciri berdaun panjang dengan ujung yang runcing, berwarna hijau keputihan dan mempunyai bunga berwarna putih. Contoh jenis kangkung darat yaitu Sutera, Bangkok.

Kangkung darat biasanya ditanam di tempat yang agak kering.

Kangkung darat

2. Kangkung air

Jenis kangkung yang kedua ini mempunyai daun panjang dengan ujungnya agak tumpul dan berwarna hijau kelam serta mempunyai bunga berwarna kekuningan/ ungu.

Jenis kangkung air ini sering ditanam di pinggir kolam atau rawa-rawa

Kangkung air

KANDUNGAN GIZI KANGKUNG

Sebagai orang Indonesia pasti sering mengkonsumsi kangkung ini. Nah biar makin mantep pas makan kangkung kita juga perlu tau sebenarnya apa saja sih kandungan gizi dari tanaman kangkung ini.

1. Vitamin A, B1 dan C.

Kebanyakan orang menganggap vitamin A hanya dari makanan seperti wortel dan tomat. Padahal kangkung juga mempunyai kandungan vitamin A yang sangat berguna untuk kesehatan mata, membantu pembentukan sperma, mempercepat penyembuhan luka hingga mencegah kanker.

Vitamin B1 merupakan bagian dari Vitamin B Kompleks. Vitamin B1 yang terkandung di sayuran kangkung ini sangat berguna untuk mencegah katarak dan membantu kerja otak. Manfaat lain vitamin B1 adalah mampu memproduksi sel darah merah yang sangat dibutuhkan tubuh. Selain itu, Vitamin B1 juga mampu mencegah penuaan dini.

Vitamin C sering diidentikkan dengan buah yang asam. Ternyata walopun bukan buah yang asem, sayuran kangkung memiliki kandungan vitamin C yang berguna untuk mencegah kanker, kesehatan kulit, dan mencegah diabetes.

2. Mineral, seperti kalsium, fosfor, kalium, protein, karoten, sitosterol dan zat besi

Selain vitamin-vitamin, kangkung ternyata mengandung fosfor yang berfungsi untuk membantu untuk kesehatan otak dan menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.

Protein yang ada dalam kangkung ternyata juga bermanfaat untuk proses regenerasi sel kulit.

Zat besi merupakan salah satu zat yang paling sering dikenal yang ada dalam kangkung. Zat besi ini berfungsi sebagai pembantu pembentukan hemoglobin dalam tubuh untuk mencegah terjadinya anemia dan saat haid.

3. Kangkung mengandung serat yang tinggi

Seperti tumbuhan lain yang umumnya mengandung serat. Kangkung juga mengandung serat yang baik untuk menjaga kesehatan usus, dan ada juga bagi yang sedang berdiet, kangkung sangat cocok dijadikan santapan makan untuk menu sehat. Serat juga dapat membantu dalam pencegahan diabetes dan kolestrol.

4. Seratus gram kangkung darat mengandung 458 gram kalium dan 49 gram natrium.

Kedua zat ini merupakan persenyawaan gram bromida yang bekerja sebagai obat tidur karena sifatnya yang menekan susunan saraf pusat

5. Kangkung mengandung zat sedatif

Zat sedatif adalah zat yang dapat menurunkan ketegangan, menginduksi ketenangan dan mampu menetralkan racun. Untuk zat sedative lebih banyak ditemukan di kangkung darat dibanding di kangkung air.

6. Senyama ipomea dalam kangkung juga mengandung senyawa lysergic acid, yaitu morning glory seed yang berkhasiat sebagai halusinogenik

7. Kangkung kaya akan senyawa fitokimia.

Senyawa fitokimia merupakan komponen bioaktif dan antioksidan alami bagi tubuh. Senyawa ini berperan sebagai nutrisi dan serat alami yang dapat mencegah penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas,mencegah pertumbuhan sel kanker, menghambat proses penuaan dini dan menurunkan risiko terhadap penyakit kanker, hati, stroke, tekanan darah tinggi, katarak, osteoporosis dan infeksi saluran pencernaan.

8. Kangkung memiliki kadar purin yang cukup tinggi

Apa itu purin? Purin merupakan salah satu penyebab timbulnya asam urat.

Kandungan purin dalam kangkung lebih tinggi daripada kadar kurin dalam kacang tanah. Dalam setiap 100 gram kangkung terdapat 289 mg purin. Karena itulah konsumsi kangkung oleh penderita asam urat harus dibatasi. (4)

MANFAAT KANGKUNG

Setiap apa yang diciptakan oleh Tuhan untuk manusia pasti terkandung banyak manfaat. Nah ternyata kangkung ini juga mempunyai manfaat banyak sekali bagi manusia. Berikut berbagai macam manfaat yang bisa kita peroleh jika mengkonsumsi kangkung

1. Pencegahan anemia dan mengurangi nyeri haid

Zat besi yang terkandung di dalam tanaman sayuran ini ikut berperan dalam pembentukan sel darah merah, sehingga dapat mencegah gejala anemia. Dengan meningkatnya produksi sel darah merah, aliran oksigen ke seluruh tubuh, terutama otak, ikut meningkat sehingga membuat tubuh menjadi lebih sehat.

2. Pencegahan terhadap diabetes

“Ekstrak daun kangkung dinilai memiliki kandungan yang dapat membantu penurunan kadar gula darah serta memperbaiki fungsi pankreas,” tutur Peneliti UII, Farida Hayati.(5)

3. Menjaga Kualitas Otak dan membantu menenangkan pikiran

Kandungan vitamin B1 (termasuk vitamin B Komplek) dan omega 3 yang ada dalam kangkung sangat bermanfaat bagi kualitas otak. Bagi ibu hamil, mengkonsumsi kangkung sangat disarankan untuk menjaga kualitas otak janin.

Sayur kangkung sangat baik dihidangkan pada anak-anak yang dalam masa pertumbuhan, karena mampu meningkatkan kecerdasan otak.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks dan omega 3 pada kangkung ternyata mampu meningkatkan produksi serotin dalam otak yang dapat menciptakan suasana nyaman sekaligus menenangkan pikiran.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan vitamin A dan C serta zat beta karoten mampu bertindak sebagai antioksidan atau membantu mengurangi radikal bebas yang ada di dalam tubuh. Hal ini membantu mencegah kolesterol yang teroksidasi.

Kolesterol yang teroksidasi inilah yang menjadi penyebab arteri tersumbat, serangan jantung maupun stroke.

5. Menjaga kesehatan mata

Banyak yang tidak menyangka jika sayuran yang enak dijadikan lalapan ini mengandung vitamin A. Ternyata kandungan vitamin A yang ada di kangkung sebesar 6300 IU dan lebih banyak dibandingkan dengan bayam yang hanya mempunyai 6100 IU.

Semakin hijau daun kangkung, kandungan betakarotennya juga semakin tinggi. Betakaroten merupakan provitamin A, yang dapat diubah menjadi vitamin A dalam saluran pencernaan dan membantu mencegah katarak.

6. Mencegah sariawan dan gusi berdarah

Meskipun tidak sebanyak tanaman singkong, vitamin C yang terkandung dalam mampu membantu mencegah sariawan dan gusi berdarah.

7. Mencegah dehidrasi

Sayuran atau tanaman kangkung mengandung berbagai mineral seperti kalium dan natrium. Kandungan zat ini mampu menjaga keseimbangan cairan dan kadar elektrlit yang ada dalam tubuh sehingga apabila mengkonsumsi kangkung ini terhindar dari dehidrai.

EFEK SAMPING KANGKUNG

Selain mempunyai banyak manfaat, kangkung juga mempunyai hal-hal yang harus dihindari. Sebenarnya menurut kami lebih ke arah untuk tidak mengkonsumsi secara berlebihan.

Kangkung merupakan sayuran yang bersifat dingin, sehingga bagi orang yang mempunyai fisik lemah atau tekanan darah rendah, limpa dan lambung yang lemah serta mempunyai tinja yang encer diharap untuk berhati-hati mengkonsumsi kangkung. Jika memang ingin mengkonsumsi sebaiknya ditambahkan dengan sedikit bawang putih.(6)

Efek samping lain dari mengkonsumsi kangkung adalah untuk orang yang mempunyai keluhan asam urat. Asam urat merupakan penyakit yang timbul karena konsumsi purin berlebihan. Purin adalah salah satu komponen asam nukleat yang terdapat pada sel tubuh. Secara alamiah, purin terdapat dalam tubuh dan dijumpai pada sebagian besar makanan, seperti sayur, buah, kacang-kacangan, maupun daging dan jeroan.

Tubuh menyediakan 85% senyawa purin untuk kebutuhan setiap hari.  Tambahan 15% kebutuhan purin berasal dari makanan yang dikonsumsi.

Kangkung mengandung purin dalam jumlah rendah, setiap 100 gram kangkung mengandung 48 mg purin. Kandungan purin yang rendah ini tidak akan meningkatkan nilai asam urat dalam darah. Kandungan kalsium, kalium, dan vitamin C pada kangkung justru berperan baik terhadap asam urat. Sehingga penderita asam urat tidak harus menghindari konsumsi kangkung.(7)

MASAKAN KANGKUNG

INFO LAIN TENTANG KANGKUNG

Sering mendengar tentang jika mengkonsumsi kangkung akan menyebabkan kantuk?

Sampai saat ini mitos itu belum jelas kebenarannya. Namun ada beberapa pendapat mengapa mengkonsumsi kangkung menyebabkan kantuk :

  1. Kangkung mengandung zat Fe. Pendapat ini terpatahkan karena seharusnya semua sayuran Fe juga menyebabkan kantuk
  2. Serat yang tinggi. Pendapat ini juga kurang tepat karena semua sayuran yang berserat tinggi harusnya membuat kantuk tetapi kenyataannya tidak.
  3. Kangkung mengandung zat sedatif. Kemungkinan yang paling mendekati hanya ini tetatpi itupun hanya perkiraan karena memang zat sedatif membuat kita menjadi lebih tenang.

Info lain yang menarik tentang kangkung adalah ternyata sayuran ini menjadi tanaman ilegal di beberapa negara di kawasan Amerika. Seperti dilansir dari situs https://worldcrops.org/crops/water-spinach, tanaman kangkung masuk ke tanaman gulma yaitu tanaman yang kehadirannya tidak diinginkan oleh petani.

Hal ini dikarenakan kangkung membutuhkan lebih banyak air daripada kebanyakan tanaman lainnya. Peningkatan irigasi ini bisa menghilangkan nutrisi yang tersedia dan mengganggu kesuburan tanaman lainnya.

REKOMENDASI AHLI GIZI

Berdasarkan Daftar Komposisi Bahan Makanan (DKBM)  yang dikeluarkan oleh PERSAGI (Persatuan Ahli Gizi Indonesia), per 100 gr Kangkung mengandung Energi 29 kal, Protein 3 g, Lemak 0,3 g, Karbohidrat 5,4 g, Serat 1,9 g, Kalsium 73 mg, Fosfor 50 mg, Besi 2,5 mg, Vitamin A 6.300 IU, Vitamin B1 0,07 mg, Vitamin C 3 mg, Air 89,7 g (WHO menganjurkan asupan serat 25-30 g/hari).

DIANJURKAN

Kangkung mengandung cukup serat yang bagus untuk mencegah konstipasi, menurunkan absorbsi lemak dan kolesterol darah sehingga bagus untuk penderita jantung koroner dan dislipidemia. Selain itu juga dapat mencegah kanker kolon. Adanya serat dan energi yang rendah membantu menurunkan BB karena serat menimbulkan rasa kenyang dan menunda rasa lapar

TIDAK DIANJURKAN

Asupan serat yang berlebihan akan menimbulkan gas berlebih dan diare serta mengganggu penyerapan mineral seperti magnesium, zat besi, dan kalsium. Kangkung juga mengandung purin namun dalam kategori sedang. sehingga untuk orang-orang yang menderita asam urat tetap boleh mengkonsumsi tapi tetap dibatasi.

Itulah pembahasan tentang kangkung. Semoga member manfaat.

Konsumsilah makanan dan minuman dengan bijak. Jangan terlalu berlebihan dan jangan kekurangan

Salam gizi

Sumber :

1. https://bumbusehat.wordpress.com/2012/05/04/asal-usul-dan-manfaat-sayuran-kangkung-bagi-kesehatan-tubuh/

2. https://id.wikipedia.org/wiki/Kangkung

3. https://alihamdan.id/jenis-jenis-kangkung-dan-cara-menanamnya/

4. http://akg.fkm.ui.ac.id/kangkung/

5. http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/16/10/25/oflhxg359-kangkung-berpotensi-jadi-obat-herbal-anti-diabetes

6. http://www.erabaru.net/2015/09/07/sayuran-untuk-penderita-diabetes-menurunkan-gula-darah/

7. http://lagizi.com/kupas-tuntas-kangkung/

Advertisement
Advertisement

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *