Kalo Kamu Generasi Milenial, Yuk Mulai Investasi Emas Di Usia Muda

Bagikan Yuk

Saat ini ada banyak sekali instrumen atau cara bagi kaum milenial untuk berinvestasi. Kaum milenial sangat perlu untuk berinvestasi karena budaya pengeluaran keuangan yang semakin banyak seperti adanya hobi untuk traveling, kuliner ataupun gadget.

Semua itu tidak menjadi masalah ketika sudah menyiapkan tabungan atau investasi.

Sekarang akan dibahas cara investasi di emas. Mengapa emas dan apa kelebihan serta kekurangan saat investasi di emas.

Mengapa investasi di emas?

Salah satu produk investasi yang sudah dikenal dari zaman dahulu hingga sekarang adalah investasi emas. Investasi emas di sini bukanlah investasi pada emas perhiasan, melainkan investasi pada logam mulia baik offline maupun online. Investasi emas sangat diminati oleh banyak orang dengan alasan keamanan dan keuntungan yang dijanjikan.

Di bawah ini adalah beberapa alasan lain seseorang berinvestasi atau menabung emas.

#1: Aman (Security)

Jenis emas yang dianjurkan untuk investasi adalah jenis emas logam mulia yang memiliki sertifikat yang diakui mancanegara dan dikeluarkan oleh PT. Aneka Tambang (ANTAM).

Investasi Anda aman, karena investasi di logam mulia memiliki sertifikat yang diakui oleh negara dan secara global. Investasi emas juga memiliki tingkat privasi yang cukup tinggi, orang lain tidak dapat mengetahui berapa banyak emas yang Anda miliki.

#2: Menguntungkan (Profitable)

Harga emas ditentukan oleh nilai emas itu sendiri dan ditentukan oleh pasar internasional. Berkat kestabilan ini, harga emas cenderung naik setiap tahunnya. Tidak seperti investasi saham yang fluktuatif dan memiliki risiko tinggi. Untuk investasi jangka panjang, emas memiliki potensi untuk memberikan keuntungan.

Selain keuntungannya, emas merupakan satu-satunya investasi yang terhindari dari pajak karena logam mulia termasuk dalam kategori bahan baku.

Keputusan ini didasarkan pada keputusan Dirjen Pajak No. 15/PJ/2011, sehingga berapapun jumlah emas yang anda miliki, tidak akan ada pengenaan pajak. Hal ini tidak akan Anda temui pada instrumen investasi lainnya.

#3: Mudah dicairkan (High Liquidity)

Emas memiliki likuiditas tinggi, ini berarti Anda dapat menjual emas untuk mendapatkan uang tunai dengan cepat. Hal ini berbeda dengan instrumen investasi lainnya, seperti obligasi atau properti dimana Anda membutuhkan pihak kedua untuk membeli investasi yang akan anda jual.

Tempat pencairan emas pun dapat ditemui dimana-mana, sehingga Anda tidak perlu kerepotan mencarinya. Likuiditas yang tinggi juga bermanfaat bagi para investor yang tiba-tiba terkena masalah dan membutuhkan uang tunai darurat.

#4: Risiko rendah (Low risk)

Pada saat Anda menabung di bank, tentunya ada biaya-biaya lain seperti biaya administrasi atau biaya perpindahan uang dari rekening bank lain, biaya ini secara perlahan mengikis uang Anda apalagi jika bunga yang didapat tidak setinggi biaya tersebut. Tetapi hal ini tidak terjadi pada investasi emas.

Uang pada tabungan pun dapat kandas nilainya seiring dengan inflasi, tetapi inflasi yang meningkat juga akan meningkatkan harga emas sehingga Anda tidak perlu khawatir akan risiko inflasi.

Selain risiko inflasi, Anda pun tidak perlu mengkhawatirkan risiko harga emas yang fluktuatif akibat goncangan ekonomi. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa emas memiliki risiko yang cukup rendah.

#5: Tidak memerlukan dana besar

Emas yang dijual di pasaran sangat beragam dan dimulai dari berat yang cukup ringan yaitu 1 gram hingga 1.000 gram, ini berarti jika emas dijual dengan harga Rp 540 ribu – 600 ribu setiap gramnya, Anda dapat mulai menabung dan berinvestasi emas dengan uang Rp 540 ribu saja. Dana yang cukup rendah membuat investasi emas dapat dilakukan oleh berbagai macam kalangan.

Apalagi dengan hadirnya startup yang menjual emas. Kita bisa memilik emas mulai dari harga Rp 1000 perak.

#6: Mudah dipindahkan (Portable)

Bayangkan Anda memindahkan uang tunai sebesar Rp 300 juta dengan emas yang berharga Rp 300 juta. Uang tunai memiliki volume yang lebih besar sehingga memindahkannya pun lebih sulit. Selain perpindahan lokasi, emas pun dapat diubah bentuknya tanpa memengaruhi nilainya. Misalkan Anda mempunyai emas yang berbentuk batangan, anda dapat mengubahnya menjadi perhiasan.

Bagaimana cara memulai investasi emas?

Jika ingin berinvestasi emas, ada beberapa hal yang perlu diketahui agar tidak merugi di kemudian hari.

#1 Tentukan Tujuan

Sebelum memulai segala sesuatu, perlu adanya tujuan yang jelas.

Mengerjakan sesuatu tanpa sebuah tujuan memiliki kemungkinan gagal yang besar. Mengapa? Karena Anda seolah-olah mengerjakan sesuatu tanpa ada kepuasan akan pencapaian.

Begitu juga sebelum mulai berinvestasi emas. Pikirkan matang-matang, apa yang ingin dicapai dengan berinvestasi emas? Seperti akan digunakan untuk biaya pendidikan anak, biaya kuliah atau biaya lebaran.

#2 Tentukan Berapa Banyak Emas yang Harus Dikumpulkan

Setelah mengetahui tujuan dengan jelas, Anda kini bisa masuk ke tahap berikutnya, yaitu perencanaan.

Perencanaan yang dimaksud adalah untuk menentukan berapa banyak emas yang harus dikumpulkan untuk mencapai tujuan tersebut.

Sebagai contoh, anggaplah Anda ingin berinvestasi emas untuk dana pendidikan buah hati Anda yang akan mengemban pendidikan tinggi 10 tahun lagi.

Nah, kini Anda perlu menghitung berapa estimasi dana pendidikan yang dibutuhkan berikut faktor inflasinya. Dengan demikian, diperolehlah nilai yang ingin dicapai pada 10 tahun mendatang.

Langkah selanjutnya adalah dengan membagi nilai tersebut dengan estimasi harga emas 10 tahun lagi. Jika tidak memungkinkan, bagilah dengan harga emas saat ini, namun berikan cadangan untuk menutupi jika ada kekurangan.

(dengan asumsi pesimis bahwa harga emas turun, namun kecenderungan harga emas adalah stabil naik)

Nah, kini Anda sudah tahu berapa banyak emas yang harus disiapkan selama periode 10 tahun tersebut bukan? Jika sudah, mari lanjut ke tahap selanjutnya.

#3 Tentukan Berapa Banyak Emas yang Harus Dibeli per Periodenya

Kini saatnya Anda menentukan berapa banyak emas yang harus dibeli per periode.

Anggaplah satuan waktu yang digunakan adalah bulan, maka Anda perlu membagi jumlah emas yang tadi telah diperoleh dalam 120 bulan (10 tahun = 120 bulan).

#4 Cara Membeli Dimana Dan Disimpan Dimana

Saat ini ada 2 pilihan utama untuk mulai investasi emas yaitu membeli offline seperti di

1. Pegadaian (Pegadaian juga menyediakan jasa online)

2. Toko emas umum di kota anda

Atau jika ingin membeli emas via online juga bisa melalui website seperti

1. Bukalapak/Bukaemas

2. Pegadaian

Kelebihan investasi emas

Setiap bentuk investasi pasti mempunyai kelebihan masing-masing. Adapun kelebihan ketika kita berinvestasi di emas yaitu :

1. Harga Emas Selalu Naik

Ini adalah salah satu faktor utama seseorang menginvestasikan uang dalam bentuk logam mulia emas karena harga emas yang selalu naik dari tahun ke tahun. Kenaikan tersebut dipicu dari harga emas tingkat inflasi. Jika tahun ini harga emas per gram berada di kisaran 600.000 Rupiah maka satu tahun kemudian harga emas bisa mencapai 900.000 rupiah.

2. Tidak Bergantung kepada Pihak Manapun

Investasi dapat dibawa ke mana saja sesuai yang kehendak. Investasi emas merupakan investasi yang tak bergantung kepada pihak manapun. Investasi tersebut bersifat mandiri yang selalu menguntungkan di mana dan kapan saja.

3. Daya Beli Emas Bersifat Tetap

Harga emas tidak hanya selalu naik harganya. Kadang juga mengalami penurunan harga. Namun penurunan harga sangat kecil kemungkinannya. Kemudian akan berubah menjadi kenaikan harga emas yang drastis.

Contohnya, pada waktu harga emas mengalami penurunan dari 1.000 dolar hingga 500 dolar maka harga dari beras, minyak dan gandum serta kebutuhan pokok lainnya mengalami penurunan juga. Sehingga daya beli masyarakat terhadap emas akan tetap sama.

4. Investasi Emas Selalu Menguntungkan

Saat harga emas naik saat itulah investor logam mulia mengalami masa panen. Layaknya seorang petani yang akan mendapatkan keuntungan ketika masa panennya tiba.

Oleh karena itu, apabila harga emas mengalami penurunan maka janganlah khawatir. Karena itu hanya akan terjadi sesaat. Selanjutnya harga emas akan terus meningkat naik seiring tingkat inflasi. Singkatnya, harga emas tetap sesuai dengan daya beli masyarakat pada waktu itu.

5. Investasi Emas Tak Tergantung terhadap Kebijakan Pemerintah

Harga emas tetap akan naik dan tidak akan bergantung pada keputusan pemerintah. Seperti apapun keputusan yang dibuat pemerintah, harga emas akan tetap stabil dan terus naik seperti biasa.

Sedangkan jika nilai mata uang rupiah akan sangat rentan alias tidak stabil. Kadang naik dan turun. Itulah kelebihan investasi emas yang perlu diketahui.

6. Investasi Emas = Harta Tetap

Kelebihan lain dari investasi logam mulia emas adalah jumlah harta Anda yang dalam bentuk investasi emas tidak akan pernah berkurang bahkan akan terus bertambah. Karena seperti yang dijelaskan sebelumnya, penurunan harga emas akan sangat kecil kemungkinanya.

7. Investasi Emas Sangat Mudah

Investasi emas dapat dilakukan bahkan dengan dana yang terbatas. Selain itu, lembaga perbankan Indonesia dan pegadaian yang bertebaran di berbagai wilayah desa dan kota di tanah air menyediakan layanan investasi emas logam mulia bagi masyarakat luas secara mudah dengan persyaratan yang tak terlalu rumit.

8. Investasi Emas Bertahan Terhadap Laju Inflasi

Kelebihan lain dari investasi logam mulia emas yang paling menonjol adalah daya tahan terhadap arus inflasi. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan oleh seorang investor sebelum mengambil produk investasi tersebut.

Salah satunya adalah memperhatikan timbal balik. Usahakan return bisa melampaui angka inflasi yang sudah ada. Dan salah satu hal yang mampu mengalahkan itu adalah investasi logam mulia emas. Ia jarang mengalami penurunan harga.kalaupun mengalaminya, hanya akan terjadi sesaat.

9. Investasi Emas Dapat Dijadikan Jaminan

Jika Anda memerlukan uang tunai dalam jumlah besar secara cepat maka tak ada salahnya mencoba meminjam uang ke bank syariah atau pegadaian syariah dengan investasi emas atau perhiasan emas sebagai jaminanya.

Mereka akan melayani Anda dengan baik dan akan dijelaskan regulasi yang berlaku dari masing penyedia layanan tersebut.

10. Investasi Emas Mudah Diuangkan

Kehidupan kadang tidak menentu dan tidak dapat diperkirakan. Di saat-saat darurat di mana Anda membutuhkan uang tunai dalam jumlah yang besar untuk keperluan tertentu.

Kekurangan investasi emas

Seperti kelebihan-kelebihan yang ada, saat kita memutuskan berinvestasi di emas juga harus mempersiapkan diri dengan resiko atau kekurangan yang ada. Adapun kekurangan saat kita berinvestasi emas adalah :

#1 Harganya naik dan turun dengan cepat

Setiap harinya harga emas Antam selalu berubah, kadang naik, namun tak jarang juga turun.

Hal ini yang membuat investasi emas Antam hanya cocok jika anda ingin berinvestasi jangka panjang. Kami menyarankan anda tidak memilih untuk berinvestasi emas Antam jika anda ingin mendapatkan banyak keuntungan di bawah lima tahun.

#2 Tidak cocok untuk investasi jangka pendek

Seperti dibahas di poin pertama, jumlah keuntungan yang anda dapatkan dari berinvestasi emas Antam hanyalah sedikit jika jangka waktu investasi anda kurang dari lima tahun. Investasi emas Antam baru terasa jika anda berinvestasi dengan kurun waktu di atas lima tahun hingga sepuluh tahun.

#3 Dampaknya Sangat Kecil Terhadap Ekonomi Riil

Memiliki investasi emas tidak bisa memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi secara riil. Hal ini disebabkan bahwa keuntungan yang dimiliki cenderung digunakan untuk kepentingan pribadi investor meskipun beberapa diantara investor emas menggunakan keuntungan investasi ini untuk kebutuhan pembelanjaan yang mana pembelanjaan atau konsumsi juga sebagai indikator pertumbuhan ekonomi.

Berbeda hal bila investor memiliki investasi dalam bentuk saham perusahaan. Keuntungan yang didapat merupakan akar dari keuntungan perusahaan, yang mana keuntungan ini akan digunakan kembali oleh perusahaan sebagai investasi lagi atau digunakan untuk membiayai jalannya roda perusahaan untuk dapat memproduksi produk lebih banyak dan lebih baik.

#4 Harganya Cenderung Melambat Ketika Kondisi Ekonomi Stabil

Inilah yang menjadi fakta sekaligus ironi. Harga emas cenderung mengalami peningkatan ketika kondisi ekonomi dalam keadaan tidak stabil. Bisa jadi dalam waktu ini terjadi inflasi yang menyebabkan kenaikan dan juga penurunan harga emas.

Bila inflasi terjadi jauh lebih tinggi daripada perkiraan masyarakat, tidak menutup kemungkinan bahwa harga emas akan jauh lebih tinggi. Begitu pula sebaliknya. Kondisi ekonomi yang stabil akan mendorong masyarakat untuk konsumsi sewajarnya. Bila terjadi kondisi ekonomi yang tidak stabil, emas dijadikan sebuah alternatif teraman untuk mengamankan kekayaan investor.

Strategi investasi emas

#1 Metode Investasi Emas Cara Klasik, Beli saat Murah, Jual saat Mahal

Ini salah satu metode yang siapapun juga, walaupun pemula, pasti mengetahuinya. Ini adalah cara yang paling umum yang banyak digunakan masyarakat. Keuntungan yang didapat adalah hasil dari selisih harga jual dengan harga beli.

Investasi emas dengan cara ini memang efektif dan menguntungkan karena dilihat dari data statistik, harga emas tiap tahunnya selalu mengalami peningkatan hampir di atas 10%.

Strategi utama dari metode klasik ini adalah kesabaran dan mengetahui dengan tepat kapan saat emas sedang murah-murahnya (data statistik tahunan) untuk dibeli. Kesabaran sangat dibutuhkan juga jika menggunakan cara ini karena jangka waktu investasi lebih 3-10 tahun. Anda bisa menjualnya di saat harga emas sedang berada di puncak tertinggi.

#2 Metode Investasi Emas dijadikan modal Usaha

Nah, cara ini sangat ampuh untuk meningkatkan berkali-kali lipat investasi emas Anda dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Jika anda memiliki dana, maka belikan dana tersebut emas terlebih dahulu, setelah itu kita gadaikan emas tersebut ke pegadaian / bank (direkomendasikan menggunakan bank syariah karena memberikan nilai gadai tinggi dengan biaya gadai lebih rendah).

Dana hasil gadai tersebut lalu diputar sebagai modal usaha. Yang perlu dicermati adalah harus memperhitungkan biaya cicilan gadai yang diperoleh dari usaha yang berjalan.

Usaha harus bisa membayar biaya cicilan tersebut, jika tidak maka emas anda akan hilang. Pilih usaha yang sesuai dengan modal, kemampuan, dan passion agar meminimalkan kebangkrutan. Atau, anda bisa juga memutar dana hasil gadai tersebut ke bisnis teman / saudara yang sudah berjalan, dengan perjanjian yang sama-sama menguntungkan.

Jika bisnis bertambah berkembang, anda bisa meningkatkan nilai investasi emas dengan membeli kembali emas batangan. Dengan cara ini, keuntungan pun berlipat ganda, selain dari asset emas, juga asset dari bisnis itu sendiri.

#3 Buatlah tabungan emas untuk meraih semua impian Anda

Cara mudah yang terakhir bagi pemula untuk berinvestasi emas adalah dengan menabung emas itu sendiri. Jika selama ini hasil jerih payah dari kerja atau bisnis hanya ditabung dalam bentuk uang di bank, mulailah untuk mengubahnya menjadi tabungan emas.

Setiap anda memiliki penghasilan, belilah emas untuk ditabung dari penghasilan yang disisihkan. Selalu sisihkan 20-30% dari penghasilan untuk menabung emas.

Setiap tabungan emas tersebut, bisa dijadikan alat untuk memenuhi berbagai kebutuhan di masa depan seperti beli rumah, mobil, ibadah umroh dan haji, asuransi kesehatan, pendidikan anak, dll. Kuncinya adalah kedisiplinan dalam menabung dan menyisihkan penghasilan.

#4 Jangan sampai berutang hanya gara-gara investasi emas

Ini satu lagi kesalahan yang rawan dilakukan pemain baru dalam investasi emas. Pastikan Anda sudah memiliki modal yang cukup sebelum memulai, karena investasi ini berjangka panjang dan hasilnya tidak bisa diambil dalam waktu dekat. Jangan sampai Anda malah jadi berutang hanya gara-gara berinvestasi emas, namun tanpa persiapan yang matang.

#5 Pilih toko yang membeli dan menjual dengan harga terbaik

Saat ini banyak sekali toko online yang juga menyediakan layanan jual beli emas dan masing-masing juga memberikan penawaran harga jual dan harga beli yang bervariasi.

Bagi kita yang mau berinvestasi harus cermat untuk memilih mana toko yang memberikan harga terbaik dan menjamin kredibilitas.

Startup yang melayani jual beli emas online

Dunia startup semakin berkembang termasuk dalam rangka untuk investasi emas. Berikut ada 6 Aplikasi yang bisa digunakan untuk mulai jual beli maupun investasi emas

1. Bukaemas

2. Pegadaian

3. E-Mas

4. Tamasia

5. Tokopedia Emas

6. Indogold

Sumber :

  1. https://www.finansialku.com/cara-memulai-investasi-emas/
  2. https://www.finansialku.com/7-alasan-anda-perlu-menabung-emas-dan-berinvestasi-emas/
  3. https://ekonomi.kompas.com/read/2017/01/07/113000926/dengan.berinvestasi.emas.10.keuntungan.ini.dapat.anda.nikmati
  4. https://www.mrgtrade.co.id/2017/10/13/kekurangan-investasi-emas-antam/
  5. https://www.cermati.com/artikel/investasi-emas-apa-kelebihan-dan-kekurangannya
  6. https://www.portalinvestasi.com/strategi-investasi-emas/
  7. https://emasdigi.com/2017/09/15/mempersiapkan-dana-pendidikan-anak-dengan-investasi-emas/

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *