Investasi Emas Hanya Dengan Uang Rp 10.000

Bagikan Yuk

Sumber : https://www.thegold.asia/cara-membiasakan-diri-menabung-emas/

Banyak orang yang sering mengatakan mengalami krisis ekonomi di akhir bulan. Atau sering kita dengar banyak orang yang tidak mempunyai anggaran untuk pendidikan, anggaran untuk kesehatan dan sebagainya. Padahal dia adalah pegawai atau karyawan atau wiraswasta yang notebene ada penghasilan rutin setiap bulannya.

Apa yang salah? Kemana uang yang dihasilkan tiap bulan?

Nah disini tidak akan dibahas tentang kesalahan atau ketidaktepatan orang dalam membelanjakan gaji bulanannya sehingga tidak mempunyai anggaran darurata atau tabungan tetapi langsung akan memberi salah satu solusi yang mungkin bisa digunakan.

Oh ya mengapa problemnya tidak dibahas dulu? Karena problem masing-masing orang berbeda dan itu membutuhkan berbagai analisis. Sedangkan solusi sifatnya umum dan bisa digunakan oleh siapapun dan apapun problemnya.

Solusi untuk mempunyai anggaran darurat adalah dengan menabung. Dan disini akan dibahas menabung menggunakan emas.

Mengapa emas?

Karena emas itu :

  1. Sifatnya stabil bahkan ada kecenderungan naik
  2. Susah untuk diambil. (Baca detailnya lebih dulu di bawah ya….)
  3. Aman

Mari kita bahas lebih detail untuk 2 manfaat di atas.

1. Sifatnya stabil dan cenderung naik

Harga emas ditentukan oleh pasar internasional. Memang kadang ada penurunan namun menurut analisa kami kecenderungan untuk turun dengan naik lebih sering mengalami kenaikan.

Selain itu emas merupakan satu-satunya tabungan yang terhindari dari pajak karena logam mulia termasuk dalam kategori bahan baku. Keputusan ini didasarkan pada keputusan Dirjen Pajak No. 15/PJ/2011, sehingga berapapun jumlah emas yang anda miliki, tidak akan ada pengenaan pajak.

Ini berbeda dengan bunga bank atau jika mau menabung uang di bank. Bunga bank tidak akan lebih dari 5% per tahun dan itupun harus ada biaya administrasi bulanan.

2. Susah diambil

Jadi begini, kecenderungan orang jika mempunyai tabungan uang di atm misalnya akan mudah menggunakan. Nah dengan menabung dengan emas misal di pegadaian. Kita akan lebih “malas” untuk mengambil sehingga tabungan yang ada diharapkan akan terus ada tidak iseng-iseng digunakan.

Untuk pengambilan sendiri di Pegadaian sangat mudah tinggal ke Pegadaian dan menunjukkan ktp dan buku tabungan emas, langsung bisa cair saat itu juga.

3. Aman

Untuk menabung emas, kita tidak harus menyimpan emas yang ada di rumah tetapi cukup dititipkan di tempat dimana kita membeli emas. Jika suatu saat kita ingin menyimpan emas milik kita bisa dicetakkan oleh si pemilik emas tersebut.

Setelah kita tau apa saja manfaat menabung emas, saatnya kita tau tempat atau cara untuk menabung emas yaitu :

1. Melalui pegadaian

Cukup datang ke kantor Pegadaian kemudian mendaftar. Tetapi sampai tulisan ini dibuat belum semua kantor cabang Pegadaian bisa untuk menabung emas. Artinya hanya kantor cabang yang agak besar yang bisa.

2. Melalui Startup pembelian emas

Untuk cara yang kedua ini lebih gampang yaitu dengan cara membuka akun startup yang diinginkan. Adapun startup yang bisa digunakan untuk berinvestasi emas misalnya indogold, bukaemas milik bukalapak, tokopedia, emas digi, e-mas dll.

Advertisement
Advertisement

Artikel Menarik Lainnya

2 Replies to “Investasi Emas Hanya Dengan Uang Rp 10.000

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *