Beras Merah : Primadona Baru Untuk Diet dan Bahaya Yang Tersembunyi

Bagikan Yuk

Melanjutkan pembahasan tentang gaya hidup sehat yang dimulai dari makanan, sekarang saatnya membahas tentang beras merah.

Mengapa mengangkat beras merah sebagai pembahasan lanjutan?

Karena sudah banyak info yang beredar jika beras merah ini lebih powerful dibanding beras putih. Nah kami semakin penasaran dengan anggapan ini dan berusaha menguak faktanya aakah memang betul jika beras merah lebih baik bagi kesehatan dibanding beras putih.

Yuk langsung disimak pembahasan tentang beras merah

ASAL MULA BERAS MERAH

Jika kalian sedang dalam proses diet atau ingin hidup sehat pasti akan terus berbicara tentang beras merah. tetapi jika kalian tidak sedang dalam program-program barusan kemungkinan besar tidak pernah merasakan jenis beras merah ini.

Sebagian dari kita malas mengkonsumsi beras merah karena nasinya padat dan pera (agak keras) sehingga terasa seret ketika di tenggorokan. Selain pera, nasi merah jarang dikonsumsi karena harganya lebih mahal, cepat basi, susah didapat dan proses memasaknya lebih lama.

Nah yang menjadi pertanyaan, apakah beras merah dan beras putih itu sama atau memang beda jenis beras?

Menurut pelacakan di internet, ditemukan kalo beras merah dan beras putih ada dalam satu varietas tetapi berbeda genetik (1) dan berbeda dalam pengolahan.

Bulir beras terdiri dari beberapa lapisan yang menyelimuti. Ada epikarp (sekam) sebagai lapisan paling luar, kemudian ada perikarp yang mengandung kulit ari atau aleuron (Kulit ari atau aleuron inilah yang mengandung banyak gizi yaitu asam lemak esensial, serta vitamin vitamin B3, B1, B6, mangan, fosfat, zat besi, serat,selenium, kalium dan magnesium), biji beras atau endosperm (merupakan tempat pati dan protein beras dan yang menentukan pulen atau peranya beras) dan mata beras atau lembaga (yang diolah menjadi tepung mata beras).

Nah perbedaaan antara beras merah dan putih adalah jika ketika memproses beras kemudian lapisan terluar atau sekam atau epikarp dikupas maka hasilnya beras merah. Jika ketika mengolah hingga kulit ari atau aleuron ikut terkupas maka hasilnya menjadi beras putih. Yang menentukan apakah mau menjadi beras merah atau putih ketika proses penggilingan.

Untuk diketahui juga kalo warna merah dalam beras merah karena adanya zat warna alami antosianin yang terdapat dalam aleuron. Zat antosianin ini mempunyai sifat antioksidan, antikanker, antihipertensi, dan antihiperglikemik.

JENIS-JENIS BERAS MERAH

Berikut ini beberapa varietas beras merah yang bisa ditemukan di masyarakat yaitu

  1. cere teundeut,
  2. cere harendong
  3. stak dadak. (2)
  4. Aek Sibundong,
  5. Inpara 7,
  6. Inpago 7
  7. Dan Inpari 24 Gabusan (3)

Menurut warga di Desa Cibarani, varietas cere teundet dan stak dadak menjadi favorit karena tekstur berasnya pulen. Selain itu 2 varietas ini juga tidak berbau langu jika dihangatkan 2-3 kali.

KANDUNGAN GIZI BERAS MERAH

Membahas detail tentang beras merah pasti harus membahas kandungan gizi beras merah itu sendiri. Mengapa? Karena yang ditawarkan oleh beras merah ditengah rasanya yang kurang enak dan proses memasaknya yang lebih susah adalah kandungan gizinya yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Berikut ini kandungan gizi beras merah dibanding dengan kandungan gizi beras putih

1. Memiliki kandungan protein 2-5% lebih tinggi dari beras putih

Dengan adanya kandungan protein ini, jika kita mengkonsumsi beras merah bisa mempengaruhi proses pertumbuhan dan pembentukan jaringan dan organ pada manusia.

2. Memiliki karbohidrat yang lebih rendah dari beras putih

Beras merah mempunyai kandungan karbohidrat yang lebih rendang dibandingkan dengan kandungan karbohidrat beras putih. Hal ini menjadikan glukosa yang dihasilkan semakin rendah sehingga resiko terkena penyakit diabetes menjadi lebih kecil. Oleh karena itu beras merah sangat cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes atau orang yang ingin menjaga kesehatan.

3.Kandungan kalsium (Ca) yang lebih tinggi dari beras putih

Dengan mengkonsumsi beras merah secara rutin yang mengandung kalsium ini akan membantu proses pembentukan tulang serta mengurangi terjadinya pengeroposan tulang.

Sekitar 99% kalsium berada di jaringan keras tubuh kita, seperti di tulang atau gigi,sedangkan 1% sisanya bersirkulasi dalam darah dan ini sangat penting dalam kehidupan dan kesehatan

4.Kandungan fosfor yang lebih tinggi

Kandungan gizi beras merah lainnya yaitu fosfor (phosphor). Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung fosfor seperti beras merah ini dapat memberikan manfaat untuk tulang dan gigi yang semakin kuat, membantu tubuh menciptakan energi untuk beraktifitas dan membantu tubuh menyerap vitamin B.

5.Kandungan Zat besi yang lebih tinggi

Degan kandungan zat besi yang ada dalam beras merah, bisa mencegah penyakit yang dikenal sebagai anemia.(4)

6. Mangan

Mangan ini membantu produksi energi dari protein dan karbohidrat, serta membantu pembuatan asam lemak yang penting bagi sistem saraf.

7. Magnesium

Fungsi magnesium selain menguatkan tulang, juga menjadi bagian dari 300 enzim di dalam tubuh, termasuk enzim yang mengatur penggunaan insulin, yang berperan dalam penyakit diabetes.

8. Serat

Kandungan serat yang tinggi akan mempercepat masa tinggal sisa makanan dalam usus, sehingga menurunkan risiko kanker usus dan juga mampu berfungsi untuk memperlancar metabolisme tubuh

9. Selenium

Ternyata beras merah juga kaya akan selenium, yaitu zat yang dapat mengurangi risiko kanker ini. Mengonsumsi minimal 6 porsi beras merah per minggu sangat baik untuk wanita pascamenopause yang punya problem kolesterol, tekanan darah tinggi, dan gejala penyakit jantung. (5)

10. Vitamin B

Vitamin B yang ada dalam beras merah juga mampu mendukung proses otak dan pembentukan sel darah. Selain itu vitamin B juga mampu mencegah penyakit beri-beri, sakit pinggang, reumatik, ataupun kesemutan.

11. Kalium

beras merah mengandung kalium yang berfungsi untuk keseimbangan cairan dan fungsi jantung

12. Asam amino dan GABA

Kandungan GABA yang ada dalam beras merah mampu meningkatkan hormon pertumbuhan pada manusia sehingga beras merah ini sangat cocok bagi para binaragawan yang sangat membutuhkan protein asam amino untuk perkembangan ototnya.

Berikut tabel perbandingan kandungan gizi bras merah dan beras putih

Kandungan Gizi
Komponen (gram) Beras putih Beras merah
Kalori 360 359
Protein 6.8 7.5
Lemak 0.7 0.9
Karbohidrat 78.9 77.6
Serat 0.6 2
Ca 10 16
P 140 163
Fe 1.2 5.5
Mn 0.5 3.3
Vitamin A 0 0
Vitamin B 0.12 0.12

Sumber Anonim, 2005 cit. Narwidiana 2009 (4)

MANFAAT BERAS MERAH

Setelah mengetahui berbagai macam kandungan gizi yang ada dalam beras merah (ternyata ada 12 kandungan gizi yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber), kita akan membahas tentang manfaat beras merah bagi kesehatan.

Berikut ini 12 manfaat beras beras bagi kesehatan tubuh kita

1. Membuat kulit lebih halus serta mengatasi alergi.

2. Sangat cocok untuk menu diet

Menurut penelitian dari jurnal American Diabetes Association dari penelitian tim Prof. Hiroyuki Masuzaki di Univesitas Ryukyu, Okinawa, Jepang, Senin 30 Juli 2012, mengkonsumsi beras merah yang mengandung serta dan magnesium sangat baik untuk program diet.

Bagaimana beras merah sangat cocok untuk program diet?? Rendahnya kandungan kalori pada beras merah  sangat efektif membantu anda mencegah perut buncit atau kelebihan kalori. Kandungan karbohidrat kompleks beras merah akan menyuplai energi secara berkala pada tubuh sehingga perut tidak cepat merasakan lapar.

3. Menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dan Meningkatkan HDL (kolesterol baik)

Penelitian dari The Natural Medicines Comprehensive Database menyatakan bahwa beras merah mengandung Lovastatin alami yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (HDL) di dalam darah.

4. Mengurangi tekanan darah tinggi dan resiko serangan jantung

Manfaat beras merah dalam mengurangi tekanan darah tinggi dan resiko serangan jantung ini dipaparkan oleh Experimental Biology annual conference pada tanggal 24-28 April di Anaheim, California, AS.

Hasil riset tersebut menyatakan bahwa dua jenis beras beras yang dapat mengurangi tekanan darah tinggi dan resiko serangan jantung, yaitu beras merah dan setengah-giling.

5. Mencegah penyakit beri-beri, sakit pinggang, reumatik, ataupun kesemutan.

6. Mampu meningkatkan stamina, memperkuat tubuh, dan mengatasi cepat lelah.

7. Mengatasi gangguan pencernaan, sembelit, perut kembung, serta menurunkan kadar kolesterol darah.(6)

8. Menyehatkan sistem pencernaan dan metabolisme tubuh

Kandungan serat yang tinggi pada beras merah mampu menyehatkan sistem pencernaan dan metabolisme tubuh sehingga menghindari permasalahan kesehatan di kemudian hari.

9. Mengontrol gula darah/baik untuk penderita diabetes

Bagi anda yang sedang menderita diabetes atau ingin menghindari penyakit diabetes ini, alangkah baiknya mulai beralih mengkonsumsi beras merah dibanding beras putih.

hal ini dikarenakan kandungan seratnya sangat tinggi serta kandungan kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan beras putih.

10. Mencegah timbulnya batu empedu

American Journal of Gastroenterology menemukan bahwa diet tinggi serat larut, seperti yang ditemukan dalam beras merah, dikaitkan dengan rendahnya risiko batu empedu pada wanita. (7)

11. Sumber antioksidan

12. Menjaga kesehatan tulang

Magnesium merupakan zat selain vitamin D dan kalsium yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kandungan nutrisi magnesium juga terdapat pada beras merah sehingga membuatnya dapat membantu kesehatan tulang dan gigi.

MASAKAN BERAS MERAH

EFEK SAMPING BERAS MERAH

Walaupun beras merah mempunyai banyak manfaat, namun ternyata ada juga efek samping atau bahayanya jika dikonsumsi tidak menggunakan takaran yang semestinya.

Beras merah mempunyai kandungan asam fitat dan lektin yang menjadikan beras merah susah dicerna oleh tubuh. Selain itu kedua kandungan ini juga menjadikan vitamin dan mineral yang ada dalam tubuh terikat sehingga tidak bisa dicerna tubuh.

Asam fitat adalah anti nutrisi yang ditemukan dalam biji-bijian dan kacang-kacangan. Kandungan ini mengikat mineral seperti seng, tembaga, besi, magnesium, niasin dan kalsium untuk diserap oleh tubuh.

Selain itu asam fitat juga bisa menghambat pepsin yaitu suatu enzim yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memecah protein. Jadi selain mencegah penyerapan nutrisi, asam fitat juga sekaligus mengganggu pencernaan.

Menurut web http://www.pasiensehat.com (8) disebutkan bahwa

Saya tidak makan nasi karena profil zat gizinya, karena nasi pada umumnya bukan sumber yang baik untuk vitamin dan mineral. Nasi adalah bentuk glukosa yang mudah diserap tubuh.

Beras merah juga ternyata mengandung arsenik yang lebih tinggi dibanding beras putih (9). Arsenik merupakan unsur karsinogen, dan paparan kronis arsenik dalam dosis tinggi dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker kandung kemih, paru-paru, dan kulit, serta diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Namun demikian, sampai saat ini Badan Pengawas Makanan dan Obat-obatan di Amerika Serikat (FDA), tidak merekomendasikan masyarakat yang khawatir untuk berbondong-bondong mengganti konsumsi nasi atau beras harian mereka.

“Pengumpulan data dan penilaian lain yang sedang berlangsung akan memberikan dasar ilmiah yang kuat untuk menentukan apa tindakan dan/atau langkah-langkah yang diperlukan untuk mengurangi paparan arsenik dalam beras dan produk beras,” ungkap lembaga tersebut, dilansir dari Live Strong. (10)

INFO LAIN TENTANG BERAS MERAH

Ketika kita sudah tau tentang asal muasal beras merah, manfaat beras merah hingga bahaya beras merah, artinya kita juga harus tau cara menyimpan beras merah. Jangan sampe hanya gara-gara salah cara memasak dan cara menyimpan semua zat gizi yang kita inginkan hilang begitu saja.

Nah berikut ini tips cara memasak beras merah

Warna beras merah bervarisi, dari putih kemerahan sampai merah marun. Pada beras tumbuk, warna merah marunnya penuh, kadang masih bercampur gabah. Nasi yang dihasilkan padat dan pera, namun zat gizinya tinggi. Agar nasi empuk, gunakan air dua kali lipat dari yang dipakai untuk memasak beras putih. Atau, sebelum dimasak, rendam beras merah 30 menit dalam air dingin.

Beras merah yang banyak diselip (digiling dengan mesin), warna merahnya bisa berselang-seling dengan putih.

Beras ini cocok bagi Anda yang baru mengonsumsi beras merah. Teksturnya lebih lunak dan pulen setelah ditanak. Namun, beras merah yang telah menjadi putih kekuningan akibat diselip terlalu banyak, akan kehilangan 67 persen vitamin B3, 80 persen vitamin B1, 90 persen vitamin B6, 60 persen zat besi, 50 persen mineral mangan dan fosfor, serta kehilangan semua serat dan lemak esensialnya.

Agar nasi pulen, campur beras merah tumbuk dengan beras putih. Gunakan air sekitar 1,5 kali lipat dari memasak beras putih. (5)

Sedangkan cara menyimpan beras merah yang aman sebagai berikut :

1.Simpan beras merah dalam kulkas atau wadah tertutup rapat, agar asam lemaknya tidak teroksidasi dan menjadi tengik. Kulit ari yang kaya glukosa juga menjadi makanan kutu jika beras tidak disimpan rapat. Dengan cara ini  beras akan tahan selama 6 bulan.

2.Nasi beras merah bisa disimpan di dalam kulkas selama 4-7 hari. Namun sebaiknya masaklah secukupnya saja. Penyimpanan yang tidak benar membuat nasi beras merah mudah ditumbuhi jamur yang bisa menyebabkan reaksi hipersensitif pada sebagian orang. (5)

Itulah pembahasan tentang beras merah. Semoga memberi manfaat.

Konsumsilah makanan dan minuman dengan bijak. Jangan terlalu berlebihan dan jangan kekurangan

Salam gizi

Sumber :

1. http://www.pesona.co.id/article/beras-merah-penuh-gizi?p=1

2. http://www.trubus-online.co.id/cibarani-lumbung-beras-merah/

3. http://bbpadi.litbang.pertanian.go.id/index.php/berita/info-teknologi/content/178-antioksidan-pada-beras-merah

4. http://the-agrinews.blogspot.co.id/2014/10/beras-merah-sejarah-manfaat-serta.html

5. http://www.pesona.co.id/article/beras-merah-penuh-gizi

6. http://www.ekafarm.com/tag/asal-beras-merah/

7. http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/manfaat-beras-merah-bagi-diet-dan-kesehatan.html

8. http://www.pasiensehat.com/2015/03/alasan-nasi-putih-lebih-baik-dari-nasi-merah.html

9. http://www.suara.com/health/2016/08/10/183019/makanan-ini-dicap-buruk-tapi-ternyata-baik-bagi-kesehatan–page-5

10. https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/bahaya-arsenik-dalam-nasi/

Advertisement
Advertisement

Artikel Menarik Lainnya

One Reply to “Beras Merah : Primadona Baru Untuk Diet dan Bahaya Yang Tersembunyi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *